Selamat Datang di website Resmi Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pesisir Selatan

Tingkatkan SDM, KPU Sumbar Gelar “Plastik”


Padang-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat menggelar pelatihan jurnalistik (plastik), Selasa (14/8) di ruangan pertemuan KPU Sumbar. Kegiatan ini diikuti oleh staf KPU Sumbar dan empat orang utusan dari KPU Kabupaten/Kota se Sumbar, terdiri dari satu orang anggota KPU Kabupaten/Kota yang membidangi Divisi Sosialisasi, satu orang Kasubag Teknis dan Hupmas dan dua orang staf organik. Secara keseluruhan, peserta yang mengikuti “Plastik” ini lebih kurang 90 orang. 

Ketua Panitia A Catur Rianto mengatakan bahwa kegiatan Pelatihan Jurnalistik ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan Sumberdaya Manusia (SDM) anggota dan staf di lingkungan KPU se Sumbar, khususnya dalam bidang kehumasan.

Tampil sebagai keynote speaker, anggota KPU Sumbar Divisi Teknis, yang juga mantan Ketua PWI Sumbar Mufti Syarfie. Adapun narasumbernya adalah Wartawan Senior Fachrul Rasyid dan Redaktur Kota Harian Singgalang Rudi Rianto.

Ketua KPU Sumbar yang membuka “Plastik” secara resmi dalam sambutannya menyampaikan memandang perlu diadakannya kegiatan ini sebagai bagian dari upaya untuk memberikan informasi kegiatan KPU Kabupaten/Kota se Sumbar kepada masyarakat.

“Kita berharap setelah pelatihan jurnalistik ini akan terbentuk kelompok-kelompok menulis di masing-masing KPU Kabupaten/Kota, di samping mempertajam insting kehumasan melalui pengelolaan website KPU Kabupaten/Kota, sehingga kegiatan KPU di Kabupaten/Kota bias tersosialisasi dengan baik”, kata Marzul.

Marzul Veri mengakui selama satu dekade terakhir kegiatan KPU kurang tersosialisasi dengan baik, sehingga dari evaluasi yang dilakukan di KPU Sumbar perlu dilakukan penguatan, peningkatan dan pembekalan kepada KPU Kabupaten/Kota dalam hal kehumasan.

“Kita selama ini kurang mengekspos kegiatan. Padahal masyarakat Sumbar adalah masyarakat “konsumtif” akan berita. Bakat itu perlu dituangkan dalam bentuk tulisan”, tambahnya.(Lthf/*)