Selamat Datang di website Resmi Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pesisir Selatan

KPU Salurkan Bantuan Bagi Korban Banjir



Painan-Banjir bandang yang melanda delapan kecamatan di Kabupaten Pesisir Selatan, Rabu (3/11) dinihari masih menyisakan duka yang mendalam. Banjir menyapu delapan kecamatan di Pessel, masing-masing Kecamatan Batang Kapas terdiri atas lima nagari, Sutera empat nagari, Lengayang sembilan nagari, Ranah Pesisir empat nagari, Linggo Sari Baganti tujuh nagari, Pancung Soal delapan nagari, Basa IV Balai empat nagari dan Lunang Silaut lima nagari.

Banjir juga menga­kibatkan dua unit jembatan putus, 1 mobil puskesmas keliling hanyut terbawa arus, ratusan hektar sawah berisi tanaman rusak dan  ribuan  ternak pelihara masyarakat mati. Kerugian material ditaksir mencapai lebih dari Rp.700 miliar.

Pantauan di lapangan, Selasa (8/11) antrian panjang masih terjadi, terutama untuk akses masyarakat dari Kecamatan Lengayang menuju Kecamatan Ranah Pesisir. Jalan kampung terpaksa dijadikan  jalan alternatif setelah jalan utama yang menghubungkan kedua kecamatan tersebut putus total sepanjang lebih kurang 750 meter.  Ratusan kendaraan terjebak macet lebih dari dua jam, karena jalur jalan yang sempit sehingga pihak kepolisian memberlakukan sistem buka tutup jalan. 

Akibatnya, para relawan yang ingin mengantarkan bantuan pun harus rela antri  dua jam lebih guna sampai ke lokasi, termasuk tiga unit mobil dinas Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pesisir Selatan yang ikut menyalurkan bantuan bahan makanan pokok berupa beras dan air mineral di tiga lokasi bencana, yaitu Kecamatan Lengayang, Kecamatan Ranah Pesisir dan Kecamatan Linggo Sari Baganti. 

“Dalam waktu normal jarak tempuh Lengayang hingga Ranah Pesisir sekitar 15-20 menit. Ini sudah lebih dari dua jam, masih terjebak kemacetan panjang”, kata Eri, salah seorang supir KPU Pessel yang mengantarkan bantuan.(Lthf/*)

Muat Logistik: Ketua KPU Pessel Toni Marsi, SH, MH dan Anggota KPU Bagian Hukum Ramlil, SH sedang memuat logistik beras untuk bantuan korban bencana banjir di Pesisir Selatan